Cara Menyuburkan Rambut dan Mencegah Rambut Rontok

Agar rambut tumbuh subur dan sehat, rambut membutuhkan asupan protein dan kalsium yang bisa diperoleh melalui susu, ikan-ikanan, daging-dagingan dan produk kedelai. Sayangnya protein dan kalsium saja tidak cukup lho. Jika Anda ingin memiliki rambut yang subur dan sehat selalu, ada beberapa makanan yang juga harus dikonsumsi. Apa sajakah itu?
Vitamin B
Ada banyak manfaat vitamin B untuk rambut, di antara lain: mencegah penipisan rambut, mencegah rambut beruban, mencegah kerontokan rambut, serta menyuburkan rambut.
Sumber vitamin B: sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji bunga matahari, biji-bijian.

Vitamin C
Bagaimanapun vitamin C selalu menjadi favorit setiap orang. Menurut peneliti, vitamin C dapat mencegah perubahan warna dan kerontokan rambut. Serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian kepala. Tugas vitamin C ini juga memastikan agar kulit kepala selalu sehat.
Sumber vitamin C: aneka buah jeruk, berry-berryan, apel, jambu, melon, semangka.

Vitamin E
Seringkali dikenal sebagai vitamin yang baik untuk melembabkan kulit, ternyata rambut juga membutuhkan vitamin E lho. Di sini vitamin E berperan sebagai antioksidan, memberikan kontribusi kepada rambut untuk memerangi radikal bebas. Vitamin E juga membantu memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, sehingga pertumbuhan rambut tetap baik. Selain itu, vitamin E ini dapat membantu mencegah ketombe.
Sumber vitamin E: alpukat, sayuran hijau, gandum-ganduman.

Vitamin A
Uniknya, vitamin A ini juga membantu menangkal radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi minyak di kulit kepala, sehingga rambut tetap bercahaya. Bagai pisau bermata dua, vitamin A juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan kerontokan rambut juga.
Sumber vitamin A: wortel, ketela, labu, brokoli, melon orange, dan lain sebagainya.













.