Handphone Bisa Menjadi Sumber Penyebab Jerawat

Kemarin, salah satu penulis Vemale bad mood karena muncul jerawat di dekat telinga. "Padahal aku seumur-umur nggak pernah jerawatan di daerah sini," begitu katanya. Setelah kami lakukan penelusuran, ternyata jerawat tersebut bisa jadi disebabkan karena memakai handphone. Yup, handphone bisa menyebabkan jerawat.

Berdasarkan sebuah penelitian yang ditulis dalam Fitness, 95 persen handphone pekerja kesehatan lebih rentan terkontaminasi bakteri penyebab infeksi. Tidak menutup kemungkinan bahwa handphone yang kita pakai sehari-hari juga rentan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Sudah jadi rahasia umum bahwa keyboard dan handphone lebih kotor dibanding toilet. Hal inilah yang membuat gesekan dan sentuhan handphone pada kulit bisa memicu timbulnya jerawat. Kontak handphone dengan wajah, apalagi Anda jarang membersihkan handphone, bisa menyebabkan gatal, iritasi, bahkan jerawat (di tempat yang tidak pernah ditumbuhi jerawat sekalipun).

Selain itu, penelitian yang dilakukan Finnish Radiation and Nuclear Safety Authority menunjukkan bahwa radiasi yang dihasilkan handphone dapat memengaruhi sel endotel di dalam pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil yang menghambat oksigen, sehingga terbentuklah jerawat.

Pastikan Anda selalu membersihkan handphone dengan benar agar terhindar dari jerawat yang muncul gara-gara cas cis cus di handphone.













.