Fungsi dan Sumber Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Dikenal juga sebagai sebutan sakarida. Karbohidrat merupakan komponen pangan yang menjadi sumber energi utama dan sumber serat makanan.  Senyawa organik kabohidrat tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yakni, karbohidrat yang dapat dicerna dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Karbohidrat dari kelompok yang dapat dicerna dapat dproses oleh enzim a-amilase untuk nantinya menjadi energi bagi tubuh. Sementara karbohidrat yang tidak dapat dicerna tidak bisa dipecah oleh enzim a-amilase.
Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Ibarat sebuah bensin bagi tubuh. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah keseluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh menyerap glukosa serta merta mengubahnya menjadi tenaga untuk menjalankan sel-sel tubuh.

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk proses metabolisme dalam tubuh serta pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

PADUAN ASUPAN KARBOHIDRAT
Total Kalori Harian
Total Karbohidrat Harian
% Kalori Karbohidrat
1200 kal
120g
40%
1500 kal
170g
45%
2000 kal
250g
50%
2500 kal
345g
55%
3000 kal
450g
60%

Pakar kesehatan menyarankan asupan minimum karbohidrat sebanyak 100 gram sehari. WHO menganjurkan agar 55-75% konsumsi energi total berasal dari karbohidrat kompleks dan paling banyak hanya 10% berasal dari gula sederhana!













.