Contoh Makanan yang Wajib Dijauhi Penderita Alergi Kacang

Contoh Makanan yang Wajib Dijauhi oleh Penderita Alergi Kacang - Jika tes alergi menunjukkan bahwa Anda memiliki alergi terhadap kacang tanah dan kacang pohon, dokter akan memberikan panduan mengenai apa yang harus dilakukan. Satu-satunya cara untuk mengatasi alergi kacang adalah dengan menghindarinya. Menghindari kacang berarti tidak hanya dengan tidak mengkonsumsi kacang, tetapi juga tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kacang di dalamnya.
Cara terbaik untuk mengetahui makanan yang tidak mengandung kacang adalah dengan membaca label komposisi kandungan makanan tersebut. Berikut adalah contoh dari kidshealth.org mengenai beberapa makanan yang memiliki resiko tinggi bagi seseorang yang memiliki alergi kacang.
  • Kue dan Makanan yang Dipanggang. Meskipun makanan yang dipanggang tidak memiliki kandungan kacang, ada kemungkinan makanan tersebut memiliki kontak dengan kacang melalui kontaminasi silang. Kecuali jika Anda mengetahui dengan pasti apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut, makanan apa saja yang pernah ada di dalam panggangan, dan dimana makanan tersebut dibuat, maka akan lebih baik untuk menghindari makanan yang dipanggang yang terdapat di toko-toko.
  • Permen. Permen yang diproduksi oleh industri kecil atau rumahan, ada kemungkinan mengandung kacang sebagai komposisi tersembunyi. Cara paling aman adalah dengan hanya mengkonsumsi permen yang diproduksioleh industri besar yang memiliki label aman.
  • Es Krim. Sayangnya, kontaminasi silang sering terjadi pada es krim karena hanya satu  scoop yang digunakan untuk semua eskrim. Kemungkinan juga terdapat di tempat puding, atau yogurt karena mesin dispenser yang sama sering digunakanuntuk rasa yang berbeda. Sebaliknya, lakukan seperti yang Anda lakukan pada poin permen: beli eskrim di supermarket dan pastikan mereka dibuat oleh produsen besar dan memiliki label yang mengindikasikan eskrim tersebut aman.
  • Masakan Asia dan Afrika. Makanan Asia dan Afrika (terutama Thailand dan India) banyak mengandung kacang. Masakan Meksiko dan Mediterania juga kemungkinan menggunakan kacang, jadikemungkinanuntukadanyakontaminasisilangsangattinggiterhadapmasakantersebut.
  • Saus. Banyak masakan menggunakan kacang untuk mengentalkan saus cabai dan saus lainnya.
  • Selalu lakukan dengan hati-hati. Walaupun Anda pernah memakan makanan tersebut sebelumnya, ada kemungkinan jika produsen mengganti cara pengolahannya. Sebagai contoh, mengganti supplier ke perusahaan yang menggunakan satu peralatan yang digunakan untuk semua proses pengolahan. Dan dua makanan yang terlihat sama, adakemungkinan memiliki perbedaan pada cara pembuatannya.













.