Bercak Kemerahan di Kulit Akibat Alergi Minum Susu

Menikmati satu scoopes krim adalah hal yang menyenangkan, apalagi di tengah udara terik. Rasa gurih dari es krim yang terbuat dari susu bisa membuat pikiran dan tubuh terasa segar. Tapi oh tapi.. sehari setelahnya muncul bercak kemerahan di kulit yang kemudian membesar dan menjadi jerawat. Pernah mengalami kejadian tersebut?
Pada beberapa orang, produk-produk susu hewani dan olahannya (keju, yogurt, cokelat dan lain sebagainya) dapat menyebabkan masalah pada kulit, terutama masalah jerawat. "Setelah melewati masa pertumbuhan, susu tidak lagi bagus untuk tubuh. Susu sapi (bahkan yang bersertifikat organik) mengandung hormon pertumbuhan yang dapat diserap dalam peredaran darah kita," ujar Jessica Wu, MD, seorang dermatologis dan penulis buku FEED YOUR FACE.

Lebih lanjut, dermatologis lain, Nicholas Perricone, MD, "Hormon tersebut Hormon-hormon tersebut memiliki efek androgenik yang dapat menyebabkan jerawat pada wanita. Susu (dan semua produk susu) juga bersifat pro-inflamasi, yang berarti dapat memperburuk jerawat dan bahkan mempercepat penuaan,"

Jadi, jika Anda memiliki masalah jerawat, coba kurangi konsumsi produk susu dan olahannya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Anda bisa mendapatkannya pada sayuran berdaun hijau gelap, tahu, dan kacang-kacangan. Jika Anda masih ingin menikmati produk susu, Anda bisa mencoba susu kedelai, susu almond, susu beras dan susu dari bahan biji-bijian lainnya.













.