Solusi Cara Mengatasi Pori-Pori Besar Kulit Wajah

Memiliki pori-pori berukuran besar seringkali membuat seseorang kurang percaya diri. Apalagi kulit jadi kurang terlihat mulus, dan jerawat rajin menyapa. Sebenarnya pori-pori berukuran besar ini disebabkan oleh gen, jadi memang tidak mudah untuk membuatnya menutup. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya terlihat semakin besar:
Perawatan yang rutin
Mereka yang memiliki pori-pori berukuran besar, pada umumnya memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Nah, untuk itu atasi dulu kelebihan minyak dengan melakukan facial secara teratur setiap bulannya.

Selain itu, pilih pembersih wajah yang mengandung glycolic acid dan salicylic acid untuk membantu menyamarkan pori-pori serta mencegah timbulnya jerawat di sana. Perlu diperhatikan juga, penggunaan toner/penyegar yang bertugas untuk membersihkan residu yang masih tertinggal.

Jangan memencetnya
Karena gemas terkadang tangan kita jadi ingin selalu memencet dan mengeluarkan semua komedo yang tersisip di pori-pori. Hentikan kebiasaan buruk tersebut. Memencet pori-pori dengan tangan yang tidak higienis, justru bisa memicu timbulnya jerawat dan peradangan yang akan memperparah kondisi kulit Anda.

Lebih baik, facial rutin dan biarkan orang yang lebih ahli yang menangani komedo dan jerawat di wajah.

Awas salah pilih makeup
Dalam memilih makeuppun Anda tak bisa sembarangan, selalu pastikan bahwa makeup Anda lightweight oil-free atau memiliki oil control formula sehingga tidak menyebabkan komedo dan penimbunan lemak yang memicu jerawat.

Untuk Anda yang berjerawat, pilihlah bedak tabur ketimbang compact yang terlalu berat bagi kulit Anda.

Basuh dengan air dingin
Sekalipun udara sedang dingin-dinginnya, jauh lebih baik Anda membasuh wajah dengan air dingin ketimbang air hangat. Air hangat akan membantu membuka pori-pori dan apabila tak diakhiri dengan air dingin maka pori-pori lama kelamaan akan semakin besar.













.